Dengan perawatan dan cinta, hamster dapat menjadi hewan peliharaan yang indah dan teman terbaik Anda.

Selasa

Jenis Jenis Hamster Part 2

Setelah membahas jenis jenis hamster part 1 dipostingan sebelumnya, kali ini saya akan meberikan sedikit penjelasan mengenai jenis jenis hamster selanjutnya, yaitu jenis hamster winter white dan jenis hamster roborovski.
Jenis hamster winter white
Jenis hamster winter white atau disebut juga hamster siberia, jenis hamster ini sangat mirip dengan jenis hamster campbell. Anda dapat membedakan jenis hamster winter white dari ukuran dan warna bulu, jenis hamster winter white memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil dari jenis hamster campbell. Selain itu jenis hamster winter white biasanya berwarna abu abu gelap sedangkan jenis hamster campbell biasanya berwarna coklat.

Jenis hamster winter white memiliki sistem reproduksi yang lebih cepat dari jenis hamster suriah, jenis hamster winter white mampu hamil kembali dalam jangka waktu 36 hari dari kehamilan sebelumnya. Hal ini terjadi sebagai strategi pertahanan hidup dan agar menghasilkan keturunan dalam jumlah besar. Perkelahian sering terjadi antara anak jenis hamster winter white ini, sehingga disarankan untuk dipisahkan dan disapih dengan sang induk pada usia 3 minggu. Jenis hamster winter white dapat tumbuh hingga panjang 3-4" saja. Selama waktu pemijahan jenis hamster winter white bisa sangat agresif, bahkan hamster winter white betina dapat menyerang hamster winter white jantan demi melindungi anaknya dan hamster jantan akan menjauhi betina. Namun setiap 4 hari jenis hamster winter white betina dapat menerima kembali sang jantan untuk berkembang biak, berarti dalam kurun waktu 4 hari pasangan jenis hamster winter white dapat berkembang biak kembali. Ini merupakan siklus estrus, dan ini merupakan hal yang wajar.

Jenis hamster Roborovski

Jenis hamster Roborovski berasal dari Mongolia, jenis hamster ini biasa hidup di daerah padang rumput dan gurun. Di alam liar jenis hamster Roborovski aktif saat fajar dan senja, jenis hamster Roborovski tergolong dalam hewan omnivora. Hamster ini senang memakan biji-bijian, sayuran dan buah-buahan. Tetapi jenis hamster Roborovski kadang memakan daging (serangga) dalam jumlah kecil.

Jenis hamster Roborovski memiliki 4 variasi, dengan ciri-ciri sebagai berikut :
  • Agouti, memiliki warna coklat keabu-abuan dengan bagian bawah berwarna putih.
  • Husky, merupakan hasil mutasi dengan ciri wajah berwarna putih.
  • Variasi  warna putih dengan bintik.
  • Dan yang terakhir berwarna putih seutuhnya tanpa bintik.
Jenis hamster Roborovski bersiat pemalu, jenis hamster ini akan merasa gugup bila mendengar suara keras. Jenis hamster Roborovski dapat menjadi peliharaan yang baik karena jenis hamster ini jarang sekali menggigit. Hindarkan cahaya berlebih untuk jenis hamster Roborovski karena dapat mengganggu. Sekedar anda ketahui Jenis hamster Roborovski tidak bisa melihat cahaya atau warna merah.
Semoga bermanfaat :)

0 komentar:

Populer

DMCA.com Protection

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP