Dengan perawatan dan cinta, hamster dapat menjadi hewan peliharaan yang indah dan teman terbaik Anda.

Selasa

Cara Merawat Hamster Hamil

Hallo hamster lover...
Bagaimana... sudah tahu kan ciri ciri hamster yang sedang hamil? (Tau dongg...kkekkek :p). Nah, selanjutnya apa saja yang perlu anda lakukan ketika mengetahui hamster anda memang sedang hamil? Sebelumnya saya telah membahas dan memberikan beberapa tips untuk mengetahui ciri ciri hamster hamil. Silahkan disimak, apa aja sih yang perlu kita lakukan selama hamster menjalani masa masa hamil.

Hamster mengalami masa hamil sekitar 17-22 hari, dalam waktu yang singkat ini memang tidak mudah untuk mendeteksi kehamilan pada hamster. Namun perubahan pada perilaku dan penampilan hamster dapat memberi petunjuk untuk kita bahwa hamster dalam keadaan hamil. Misalnya, hamster betina mulai bersarang, meningkatnya porsi makan dan minum hamster betina. Sangatlah penting memberikan ruang yang lebih pada hamster yang sedang hamil selama beberapa waktu.

Yang pertama harus dilakukan saat mengetahui hamster anda sedang hamil adalah memindahkan hamster lainnya dari kandang jika memang sebelumnya hamster ditempatkan dalam 1 kandang. Pindahkan kandang hamster yang sedang hamil ke tempat/ruangan yang lebih nyaman dari sebelumnya.

Ganti tempat tidur hamster diawal kehamilannya, bersihkan juga kandang hamster. Mulailah anda memperhatikan makanan hamster, beri hamster makanan dengan asupan gizi yang cukup dan mengandung protein tinggi seperti : gandum, keju.

Setelah hamster betina melahirkan hati hati jika and ingin memegang bayi hamster, karena pasti hamster betina akan sangat melindungi bayinya.

Tips dan peringatan

  • Memang agak sulit menentukan usia kehamilan hamster betina, mungkin karena gejala hamil di awal belum terlihat.

  • Jika anda bisa memperkirakan usia kehamilan dan kelahiran hamster betina ada baiknya anda mengganti tempat tidur hamster untuk yang kedua kalinya.
  • Sapih atau pisahkan bayi dengan hamster betina setelah 2 minggu, ini untuk mencegah kanibalisme.
  • Anda tidak boleh mencoba menangani/merawat sendiri bayi hamster yang baru lahir, biarkan hamster betina yang merawatnya.

semoga bermanfaat :)

0 komentar:

Populer

DMCA.com Protection

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP