Dengan perawatan dan cinta, hamster dapat menjadi hewan peliharaan yang indah dan teman terbaik Anda.

Selasa

Cara Membedakan Jenis Kelamin Hamster

Cara Membedakan Jenis Kelamin Hamster
Hamster biasa menggunakan indra penciuman untuk membedakan jenis kelamin hamster lainnya apakah dia hamster jantan atau betina. Karena manusia tidak memiliki kemampuan untuk membedakan jenis kelamin hamster dari feromon hamster, maka manusia membedakan jenis kelamin hamster secara visual atau harus memeriksa hamster peliharaan mereka untuk menentukan jenis kelamin hamster. Terutama jika anda memang berencana untuk mengembangbiakan hamster anda, ini merupakan ide yang baik untuk memisahkan hamster jantan dan betina, bertujuan untuk mencegah bayi yang tidak diinginkan. Anda dapat membedakan jenis kelamin hamster jantan dan betina dengan memeriksa secara visual dari fisik hamster setelah hamster anda berusia sekitar 3 sampai 4 minggu, karena pada usia ini hamster sudah mulai menunjukan perbedaan secara fisik antara hamster jantan dan betina.

Setelah hamster menginjak usia 3-4 minggu, anda dapat membedakan jenis kelamin hamster. Lalu, apa saja yang perbedaan antara jenis kelamin hamster jantan dan betina? Bagaimana cara membedakannya? Berikut tahapan yang bisa anda jadikan pedoman sebagai cara membedakan jenis kelamin hamster jantan dan betina :
  • Ambil hamster anda, lentangkan hamster di telapak tangan anda sehingga perut menghadap ke atas. Dalam langkah awal ini tidak sedikit hamster yang meronta atau menolak untuk dibaringkan, lalu apa yang harus anda lakukan? Anda bisa menempatkan hamster anda dalam wadah yang transparant/bening, misalnya mangkuk bening. Dengan begitu anda dapat melihat bagian perut hamster melalui bagian bawah wadah.
Cara Membedakan Jenis Kelamin Hamster
  • Periksa bagian belakang hamster anda dan cari dua lubang kecil, lubang yang terletak dekat ekor merupakan lubang anus, sedangkan lubang di bagian atas adalah alat kelamin hamster.
  • Periksa daerah dibagian bawah kelamin hamster apakah terdapat tonjolan kecil? Jika ada, selamat hamster anda jantan :D. Tonjolan ini adalah skrotum laki-laki, tentu saja hamster betina tidak memiliki tonjolan ini.
  • Periksa puting hamster pada bagian perut. Hamster betina memiliki empat puting kecil di setiap sisi, yang tidak ada pada jantan.

Selamat mencoba :D
Semoga bermanfaat :)

baca juga cara merawat gigi hamster

0 komentar:

Populer

DMCA.com Protection

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP