Dengan perawatan dan cinta, hamster dapat menjadi hewan peliharaan yang indah dan teman terbaik Anda.

Selasa

Cara Merawat Gigi Hamster

Cara Merawat Gigi Hamster
Tikus memiliki beberapa ciri khas, termasuk memiliki gigi yang tidak pernah berhenti tumbuh. Hamster, yang masih 'keluarga' tikus, memliki karakteristik sama seperti tikus. Hamster adalah salah satu sejumlah hewan yang lahir dengan set gigi lengkap. Karena itu, gigi hamster membutuhkan beberapa cara perawatan khusus, namun perawatan pada hewan peliharaan lainnya mungkin tidak diperlukan. Gigi hamster harus mampu mengunyah pada permukaan makanan yang tepat agar gigi hamster tumbuh dengan sehat. Cara perawatan gigi hamster sangat mudah dan cukup ringan pemeliharaannya, dan merupakan bagian penting demi menjamin kesehatan hamster.
    Cara Merawat Gigi Hamster
  • Sediakan hamster anda sesuatu untuk latihan mengunyah dan mengunyah. Hal ini memungkinkan hamster untuk menjaga gigi alami yang tetap bersih, dan membantu mencegah gigi hamster yang tumbuh tidak pada posisi yang benar. Berikan blok dari kayu atau potongan ranting yang belum terkena segala macam bahan kimia.
  • Pakan diet pelet keras diformulasikan khusus untuk hamster. Makanan ini tersedia di toko hewan peliharaan dengan pasokan berkualitas. Tambahan pakan hamster dengan buah-buahan segar, sayuran dan kacang-kacangan. Jadi hamster peliharaan anda tidak hanya sekedar mengunyah, namun hamster peliharaan anda juga perlu nutrisi untuk menjaga gigi hamster agar tetap kuat dan sehat.
  • Periksa gigi hamster anda secara teratur. Caranya angkat hamster anda dengan satu tangan (tangan kiri). Tangan lain (tangan kanan), tarik secara perlahan pada bagian kulit di sekitar leher hamster. Cara ini akan memperlihatkan gigi hamster sebagai cara pemeriksaan cepat pada gigi hamster. Gigi hamster harus lurus, dan berwarna kuning pucat atau cokelat muda dan selaras dengan gigi hamster yang lainnya.
  • Amati hamster peliharaan anda untuk setiap tanda-tanda perilaku apakah hamster merasa tertekan atau ketidaknyamanan. Seekor hamster yang mengunyah pada jeruji kandang atau bagian logam lainnya dari lingkungan mungkin membutuhkan lebih banyak mainan untuk latihan mengunyah. Bila hamster anda menolak makanan untuk dimakan, serta air liur hamster anda keluar secara berlebihan dan pipi hamster dan terlihat agak bengkak semua tanda-tanda masalah dengan mulut atau gigi. Sebaiknya anda harus segera menghubungi dokter hewan sesegera mungkin jika hamster menunjukan salah satu gejala kesehatan yang buruk. Permasalahan seperti ini tidak dapat anda tangani sendiri, hamster anda memang perlu pengobatan dari dokter.
  • Konsultasikan dengan dokter hewan tentang pemangkasan gigi hamster. Tergantung pada individu hamster, hal ini dapat menjadi bagian dari perawatan rutin atau mungkin diperlukan hanya sesekali. Percayalah seorang dokter hewan dapat melakukan pekerjaan yang diperlukan untuk gigi hamster.

Peringatan
  • Hindari memberikan hamster anda makanan yang mengandung kadar gula atau lemak tinggi. Hal ini akan menyebabkan kerusakan pada gigi hamster dan dapat menyebabkan masalah kesehatan lainnya.
  • Selalu gunakan hati-hati ketika menangani hamster peliharaan anda, seperti hamster kecil, hewan rapuh. Anak kecil berusia 5 tahun tidak direkomendasikan untuk menangani hamster, dan anak-anak harus diawasi.
baca juga Hamster Tidak Mau Minum ?

0 komentar:

Populer

DMCA.com Protection

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP